Patah hati

Mba Diana, sudah lihat update hasil pemilu?

Sudah dong, di youtube. Saya lihat realtime quick count. Tayang meriah di berbagai tv nasional dan live di youtube.

Mba..ternyata versi quick count, Jokowi yang menang. Ibuku pasti bad mood deh seminggu ini karena Prabowo kalah. Duh,  ntar telpon ibu jadi tegang deh, ga nyaman.

Ah, saya sejenak tergelak. Dampak langsung dari prediksi kekalahan satu pasangan calon presiden bagi masyarakat adalah, membawa bad mood penggemarnya dalam kurun waktu tertentu. Dampak lanjutan adalah orang-orang di sekitar yang bad mood akan terimbas aura negative itu. Teman saya tadi, contohnya.

Ketika kita sudah mengidolakan seseorang, lalu tiba-tiba orang itu tidak lagi dalam posisi puncak, kita merasa frustasi.

Masih ingat benar ketika momen Syaiful Jamil diciduk polisi karena suatu perkara. Bisa dibayangkan bagaimana sedihnya fans nya. Saat itu Bang Ipul sedang dalam puncak kejayaan karena menjadi juri acara talent tersohor di Indonesia. Tiba-tiba jatuh. Habis.

Masih lekat pula ingatan saya ketika Aa Gym tersiar telah melakukan poligami, saya patah hati. Sedih bukan main. Saya kagum dengan beliau (saat itu) karena penuh kelembutan memberikan tausiyah tentang keluarga dan pernikahan, beserta segala tips dan trik membina keluarga. Adem. Tiba-tiba berubah. Saya terhentak dan tidak terima dengan perbuatannya (melakukan poligami), yang menurut saya: tidak pantas dilakukannya (tanpa sebab yang jelas) dan bertentangan dengan tausiyah adem-nya selama ini.

Lalu suami saya dengan enteng bilang: jangan terlalu mencintai manusia, karena tidak ada manusia yang sempurna.  Biasa saja. Agar saat sang idola jatuh, hati tidak akan terlalu terluka.

Lalu diteruskannya. Saat ada badai datang menerpa, kita harus siap untuk menerimanya. Itulah perjalanan hidup manusia. Seperti roller coaster, kadang di atas, dan tidak mustahil merosot jauh ke bawah. Yang terpenting apakah kita bisa lebih baik dan belajar dari kesalahan. Itu kuncinya.

Maka ketika sang idola (yang dulu) kembali lagi, jangan menghakimi. Bisa jadi dia telah jadi pribadi yang lebih baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s