Cara melihat akreditasi jurnal di Indonesia

Ingin publikasi artikel melalui jurnal?

Pertama yang perlu difikirkan adalah jurnal yang mana?

Jika sudah menetapkan akan mempublikasi di jurnal nasional, maka ranking atau peringkat akreditasi jurnal perlu dijadikan pertimbangan.

Di Indonesia, peringkat akreditasi jurnal dapat ditelusur melalui website SINTA dengan alamat di:  sinta2.ristekdikti.go.id . Nama SINTA adalah singkatan dari Science and Technology Index. Sedikit dipaksakan sepertinya singkatannya, tapi tak mengapa. Yang penting gampang diingat. Website SINTA ini merupakan terobosan dari Ristekdikti untuk menjembatani akses ke sitasi dan pakar yang ada di Indonesia. Pada laman utamanya, disebutkan bahwa tujuan Utama pembentukan SINTA adalah to provide benchmarks and analysis, identification of research strength of each institution to develop collaborative partnerships, to analyze the trend of research and expert directories. 

Akreditasi jurnal mengalami perubahan beberapa tahun belakangan ini. Dulu pembagian jurnal hanya jurnal terakreditasi A, terakreditasi B dan jurnal tidak terakreditasi. Jika ingin menerbitkan di jurnal papan atas, maka tinggal cari listnya di jurnal terakreditasi.

Sekarang berubah. Jurnal dibagi menjadi menjadi 6 kluster. SINTA 1 sampai dengan SINTA 6. SINTA 1 menunjukkan akreditasi paling top, dan berturut-turut sampai yang paling rendah di SINTA 6.

Mari kita simulasikan.

Bidang saya adalah akuntansi, dan ingin menerbitkan artikel di jurnal nasional SINTA 1. Namun saya tidak tahu persis jurnal apa yang masuk kategori SINTA 1. Bagaimana caranya?

  1. Buka website SINTA di http://sinta2.ristekdikti.go.id/
  2. Pada menu “Sources”, pilih “Journals”
  3. Pada bagian atas terdapat symbol lingkaran warna warni bertuliskan S1 – S6. Saya klik S1 karena ingin mencari jurnal yang ada di kluster S1
  4. Total jurnal nasional yang terindeks di SINTA adalah 2454 (pada saat postingan ini dibuat), sementara yang masuk di kluster S1 hanya 53 jurnal.
  5. Pada kotak “search within S1”, ketik kata kunci pencarian yang diinginkan. Misalnya saya ketik: “akuntansi” atau yang sejenis dengan itu, misalnya “business”.
  6. Dari hasil search dengan keyword “business” hanya muncul satu jurnal saja di kluster S1, yaitu Gadjah Mada International Journal of Business (GamaIJB) .
  7. Maka jurnal itulah yang akan saya pilih. Saya akan melihat link website ke jurnal tersebut dan mencermati semua detil persyaratan bagi author.

Mudah bukan?

Silahkan dicoba. Yang utama tentu saja harus membuat konten artikel yang berkualitas untuk diterbitkan di jurnal tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s