Cara Mengurus Sekolah Anak di Australia ( 3 )

Persiapan kedua : Ketika anak sudah tiba di Australia

Untuk menempatkan anak pada sekolah di Western Australia, anak harus sudah tiba di Australia. Jadi tidak diperbolehkan menghubungi sekolah yang diinginkan langsung. Prosedurnya simple sebenarnya:

Datang, urus ke kampus, interview, penempatan sekolah. Saya jelaskan satu persatu ya…..

  1. Datang

Saat tiba di imigrasi bandara Australia, pastikan untuk minta stempel kedatangan dari imigrasi. Sistem keimigrasian yang sekarang sebenarnya sudah tidak menggunakan stempel kedatangan yang dibubuhkan di halaman paspor. Paspor hanya di scan lalu data kedatangan kita di Australia scara otomatis tersimpan di system.

Ternyata saat pengurusan dokumen sekolah anak, stempel kedatangan di halaman paspor itu harus disertakan. Untunglah kami saat itu minta stempel kepada petugas imigrasi. Jika tidak diminta, mereka tidak akan membubuhkan stempel itu di paspor kita.

Berikutnya adalah domisili anak. Pastikan anak sudah punya tempat tinggal tetap di Australia. Data tentang tempat tinggal ini akan menentukan penempatan sekolahnya. Anak biasanya akan ditempatkan pada sekolah yang lokasinya sesuai domisili anak.

2. Urus dokumen ke kampus

Pengurusan sekolah anak harus melalui universitas tempat orangtua studi di Australia. Misalnya untuk saya, karena saya studi di Curtin University, maka setelah anak-anak tiba di Australia, saya hubungi ISSU (International Sponsored Students Unit) di Curtin University. Bisa datang langsung ke kantornya atau bisa melalui email. Mereka sangat kooperatif.

Katakan saja bahwa anak-anak sudah tiba di Australia, mohon bantuannya untuk mengurus sekolah anak.

Mereka akan memberikan list dokumen yang harus dilengkapi dan diserahkan/diemailkan ke ISSU.

Ini dia dokumennya:

  1. Request for School Placement (RSP) Form
  2. Evidence of permanent address (such as utility bill or tenancy agreement or bank statement)
  3. Copy of passport
  4. Copy of e-visa letter
  5. Copy of Confirmation of Enrolment
  6. Previous school reports in English

Setelah kita mengirimkan dokumen tersebut ke ISSU di kampus, mereka akan mengirimkannya ke TIWA. Setelah itu harap bersabar, tunggu sampai ada kabar berikutnya dari TIWA. Proses ini bisa memakan waktu antara 3 – 6 minggu. Saya submit ke kampus sekitar tanggal 7 Januari dan mendapat panggilan interview dari sekolah sekitar tanggal 25 Januari.

3. Interview di sekolah
Rasanya lamaa sekali menunggu kabar pasca submit dokumen ke kampus. Masih gamang apa ya langkah selanjutnya yang harus dilakukan. Beberapa minggu kemudian ada kabar dari sekolah (primary school) yang memberitahukan jadwal interview.

Saya sempat Tanya ke beberapa teman yang anak-anaknya sudah bersekolah di sekolah tersebut. Interviewnya seperti apa?

Dari penjelasan teman-teman, saya rangkum beberapa bentuk pertanyaan interviewnya:

  1. Ceritakan tentang dirimu
  2. Ceritakan tentang keluargamu
  3. Ceritakan tentang hobimu/kesukaanmu
  4. Shapes
  5. Animal
  6. Math (sometimes)

Yang bikin deg-degan adalah kemungkinan ada bridging (semacam kursus bahasa inggris tambahan) bagi anak yang kurang sukses interviewnya. Nah, biayanya sekitar $ 3,000 per anak (silahkan dikalikan sendiri ya jika anaknya banyak).

Untunglah saat interview tiba, kepala sekolah nya yang langsung interview. Beliau sangat ramah, dan welcome terhadap keluarga kami. Sekolah ini memang terkenal multicultural dan sangat respect terhadap semua perbedaan (religi, culture, language).

Interview tidak lama. Meskipun anak-anak tidak begitu lancar menjawab, namun dari percakapan dengan kepala sekolah, beliau menyatakan menerima anak-anak kami di sekolah ini. Senang sekali. Sekolah memberikan dokumen enrolment untuk diisi dan dikembalikan ke sekolah (once we get the confirmation of placement from TIWA)

4. Confirmation of Placement dari TIWA

Meskipun sekolah sudah menyatakan menerima, namun keputusan terakhir tetap di tangan TIWA. Jadi harus menunggu email sampai ada penetapan penempatan sekolah dari TIWA. Diprediksi harus menunggu beberapa hari pasca interview. Ternyata, hanya berselang sekitar 2 jam setelah interview, surat penempatan sekolah dari TIWA masuk ke email. Alhamdulillah.

Anak pertama ditempatkan di kelas 5 (di Indonesia masih kelas 4), anak kedua tetap di kelas 3 seperti di Indonesia, dan anak ke tiga naik ke kelas 2 (di Indonesia masih kelas 1). Penetapan kelas ini didasarkan pada umur. Cut-off nya adalah 30 June. Karena anak kedua saya lahir bulan Agustus, maka dianggap masih kelas 3 sama seperti di Indonesia. Anak pertama dan ketiga lahir di bulan sebelum Juni, sehingga dinaikkan ke kelas berikutnya. Estimasi kelas ini dapat dicek pada School Age Calculator Department of Education Australia pada link berikut : https://www.education.wa.edu.au/enrolling-in-school

5. Enrolment process ke sekolah
Enrolment adalah proses daftar ulang resmi ke sekolah. Ada banyak hal yang harus diisi di form. Juga ada dokumen-dokumen yang harus dilampirkan. Karena dokumen-dokumen sudah lengkap, jadi relative mudah menyiapkannya. Namun karena ada 3 anak yang harus disiapkan enrolmentnya, maka perlu waktu cukup lama untuk mengisi form enrolment tersebut.

Jika sudah siap semua form berikut dokumen pendukungnya, segera serahkan ke sekolah.

6. Hunting seragam dan alat sekolah

Seragam di primary school di Western Australia tempat anak saya sekolah hanya satu warna: HIJAU. Topi hijau, atasan hijau, bawahan hijau. Dari senin sampai jumat seragamnya sama. Berbeda dengan di Indonesia yang tiap hari ganti seragam. Lumayan irit seragam. Meski sama, tetap harus disiapkan beberapa stel baju, untuk ganti dalam seminggu itu.

Peralatan sekolah di Western Australia sudah ditetapkan di awal, untuk masa satu tahun. Mulai dari pensil, penggaris, lem, buku, dan segalanya sudah ditentukan. Ada listnya, dan tinggal beli online di toko yang ditentukan. Bisa juga langsung datang ke tokonya.

Untuk ketiga anak saya, total biaya seragam dan alat sekolah sekitar 500 dolar, plus biaya kontribusi local ke sekolah sekitar 120 dolar.

Ini saya berikan contoh list harga seragam dan alat sekolah yang perlu disiapkan di awal

wp-1549785088285225179535.jpg

School uniform price list

 

wp-15497851362751177029378.jpg

Personal items (stationary) list

Lalu ada juga extra biaya selama tahun berjalan yang akan diberitahukan detilnya kemudian kepada orang tua. Extra biaya ini maksimumnya sydah ditetapkan di awal. Seperti ini listnya:

Extra cost estimated

Semangat belajar ya anak-anak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s