Cara Mengurus Sekolah Anak di Australia ( 1 )

Jika Anda sedang belajar di luar negeri dan membawa keluarga, maka salah satu hal penting yang harus dipersiapkan adalah pengurusan sekolah anak.

Kebetulan saya baru saja selesai mengurus sekolah anak, sayang kalau tidak di share pengalaman ini. Alhamdulillah 3 anak dapat diterima di sekolah yang sama. Kebayang tidak jika sekolahnya berbeda-beda. Jangankan di luar negeri, mengatur sekolah anak di Indonesia saja lumayan menguras tenaga dan pikiran. Bagi saya, andaikan bisa (dan masih dalam jenjang pendidikan yang sama), prioritas tetap menyekolahkan anak pada satu sekolah yang sama. Hemat waktu antar jemput pastinya. Selain itu, jika sekolahnya sama, maka kebutuhan anak selama sekolah pun dapat diestimasi dengan mudah.

Penjelasan saya kali ini adalah untuk mengurus sekolah anak di primary school di Western Australia (Perth). Dimungkinkan ada variasi aturan antar Negara bagian. Mohon dapat di cek di website yang relevan, misalnya website Department of Education Australia.

Di western Australia, anak dari international students dapat diterima di sekolah public maupun swasta. Prinsipnya sama, semua berbayar. Namun khusus di sekolah public, jika orang tua adalah pelajar level postgraduate (Master dan doctoral/PhD) maka ada fee waiver, jadi tidak perlu bayar tuition fee. Cukup bayar kontribusi local ke sekolah yang besarnnya ditentukan masing-masing sekolah. Teman saya Phd kok tetap bayar tuition fee ya untuk sekolah anak? Ya, karena dia adalah penerima beasiswa King Abdullah Scholarship, beasiswa dari Saudi Arabia, yang super duper gedhe dan beasiswanya menanggung biaya untuk sekolah anak… ..jadi dikecualikan dari fee waiver.

 Apakah mahal tuition fee nya? Mahal atau tidak itu relative ya…tapi sebagai bahan perenungan sebelum memutuskan membawa anak atau tidak ke luar negeri, berikut saya cantumkan besaran tuition fee per anak di tiap jenjang (tuition fee per tahun dalam AUD)

a.       Kindergarten :  $ 7350

b.      Primary (pre primary – year 6) : $ 13.730

c.       Lower secondary ( Year 7 – 10) : $ 16,280

d.      Upper secondary (Year 11 – 12) : $ 17,880

Mungkinkah menyekolahkan anak di sekolah swasta?

Misalnya jika di Western Australia, barangkali kita ada preferensi untuk memasukkan anak ke sekolah islam / swasta. Jika orang tua adalah penerima beasiswa dari Australia, seperti AAS (Australia Awards Scholarship)  dan Endeavour, maka sekolah swasta bisa jadi opsi. Karena hanya penerima beasiswa dari Australia saja yang dapat advantage fee waiver di sekolah swasta. Untuk saya yang mendapatkan beasiswa dari LPDP (berarti dari Indonesia), maka harus bayar full tuition fee sebesar list diatas jika ingin menyekolahkan anak di sekolah swasta. Dengan pertimbangan ini (dan mengingat anak yang harus bersekolah ada 3), saya akhirnya memilih sekolah public.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s