Cara Cepat Menyerap Ilmu

Ingin menulis topik ini karena sedang macet ketika belajar. Ternyata bukan hanya jalan raya saja yang bisa macet. Seperti apa ya macet ketika belajar itu?

Mata fokus membaca, namun tidak masuk otak. Tidak paham. Seperti lewat saja alias sekedar mampir. Seperti masuk mata lalu langsung memantul keluar lagi, belum sempat meresap ke otak. Atau masuk ke telinga kanan, lalu keluar lewat telinga kiri. Pernahkah mengalami kejadian ini?

20170904_161336

 

Bagaimana agar mudah menuntut ilmu?

Saya coba browsing di Youtube, dan ketemu dengan materinya Ust Adi Hidayah tentang bagaimana meningkatkan kecerdasan. Link nya ada beberapa, silahkan lihat di YouTube. Saya mencoba merangkum saja.

Menurut Ust Adi Hidayat, ada beberapa kategori penuntut ilmu.

  1. Cepat hafal, lambat lupa
  2. Lambat hafal, lambat lupa
  3. Cepat hafal, cepat lupa
  4. Lambat hafal, cepat lupa

Kategori yang manakah kita? Silahkan instropeksi diri sendiri ya. Tapi semua pasti berharap masuk kategori pertama. Mudah menyerap ilmu dan tidak mudah lupa.

Bagaimana caranya?

  1. Tingkatkan takwa kepada Allah

Takwa itu mengandung 2 makna utama. Tingkatkan ibadah dan Jauhi maksiat. Usahakan sejak kecil bagus ibadah dan beramal sholeh. Sholat, mengaji, dan menghafalkan Al Quran. Dalam satu studi disebutkan bahwa orang yang hafal Al Quran, kecerdasannya meningkat 3 kali lipat. Orang yang hafal Alquran, memelihara sholat, beramal sholeh dan menjauhi maksiat, maka pasti Allah mempermudah penyerapan ilmunya.

  1. Meluruskan niat saat belajar

Umumnya orang ketika belajar memiliki 2 jenis niat. Tipe niat yang pertama adalah belajar untuk mendapatkan pengetahuan diri sendiri.  Sedangkan tipe niat yang kedua adalah belajar hanya sebagai sarana untuk mencapai sesuatu yang lain, misal belajar untuk dapat kerja. Islam mengajarkan agar kita meluruskan niat ketika belajar. Niat yang lurus itu yang seperti apa? Belajarlah dengan niat hanya karena Allah. Jika segala sesuatu kita niatkan hanya karena Allah, maka jangankan yang sulit……yang menurut kita mustahil saja, pasti akan dipermudah oleh Allah. Contoh: ada yang berumur 60 tahun rasanya mustahil bisa menghafal Al Quran. Padahal, di belahan bumi lain ada orang berumur 82 tahun yang walaupun tidak bisa membaca, tidak bisa menulis, hanya dengan modal mendengar saja dibarengi niat yang kuat belajar menghafal Al Quran karena Allah, maka 2 tahun sudah bisa menghafal Al Quran. MasyaAllah.

  1. Belajar dengan kesungguhan.

Ilmu artinya paham, menguasai. Agar bisa menguasai, maka tidak cukup sekedar berangkat ke sekolah, berangkat ke kampus. Asal sudah berangkat ke tempat ilmu itu diajarkan, sudah. Tidak cukup. Perlu ada proses review. Sudahkan aku menguasai ilmu itu? Ulangi terus dengan tekun. Jangan puas hanya sekedar ‘tahu’. Harus sampai paham. Berapa banyak dari kita yang bisa bacaan sholat? Berapa banyak yang memahami bacaan sholat? Banyak yang berangkat haji, umroh. Namun hanya segelintir yang paham tentang apa yang dibaca dan dilakukannya ketika haji dan umroh.

Lalu apa ciri kesungguhan belajar?

  1. Diam
  2. Tenang
  3. Fokus

Ketiga unsur ini harus dilakukan bersamaan. Mana mungkin bisa cepat menuntut ilmu jika membuat forum di dalam forum, membuat majelis sendiri di dalam majelis.  Diamlah, tenangkan hatimu, dan fokus pada apa yang akan dipelajari saat itu. Bawalah perangkat yang mendukung agar fokus, misal alat tulis. Jangan membawa perangkat yang mengganggu kefokusan. Apa contohnya? Anda pasti tahu  🙂

One thought on “Cara Cepat Menyerap Ilmu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s