Apa beda True Experiment dan Quasi Experiment?

Dalam penelitian dengan desain eksperimen, dikenal ada 2 jenis eksperimen. Pertama adalah True Experiment dan kedua adalah Quasi Experiment. Lalu apa perbedaan keduanya? Perbedaan utama adalah pada random assignment.

True experiment :  partisipan/subjek eksperimen pada kelas kontrol dan kelas eksperimen harus dipilih secara acak, sehingga tidak ada bias dalam pemilihan partisipan. Meskipun desain eksperimen ini ideal untuk dilakukan, namun pada prakteknya, dalam penelitian-penelitian di bidang sosial humaniora, true experiment sulit dilakukan. Contoh, dalam penelitian di sekolah,  peneliti ingin mengetahui keefektifan metode pembelajaran baru dan mengeksperimenkan pada beberapa kelas. Biasanya peneliti akan sulit mendapatkan ijin dari sekolah untuk mengacak siswa pada tiap kelas tersebut agar mendapatkan partisipan di tiap kelas sesuai yang dipersyaratkan desain true experiment. Yang paling mungkin dilakukan peneliti adalah dengan menggunakan quasi experiment.

Quasi experiment: partisipan/subjek eksperimen pada kelas kontrol dan kelas eksperimen tidak dipilih secara acak. Pada contoh di atas, jika ada 4 kelas dalam satu sekolah, maka peneliti cukup memilih 2 kelas sebagai kelas kontrol, dan 2 kelas sebagai kelas eksperimen. Sementara siswa di tiap kelas tersebut dibiarkan apa adanya, tanpa dilakukan pengacakan. Kelemahan dari quasi experiment adalah dikhawatirkan adanya confounding variable maupun bias yang menjadi ancaman bagi internal validity dari sebuah desain penelitian.

2 thoughts on “Apa beda True Experiment dan Quasi Experiment?

  1. Pingback: Perbedaan Quasi Experimental & Experimental – pendidikan

  2. Pingback: PERBEDAAN EXPERIMENTAL DENGAN QUASI EXPERIMENTAL – SHOLEHUDIN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s