Mengenal Uang, Pahlawan Nasional dan Kekayaan Indonesia

Uang, Pahlawan Nasional dan Kekayaan Indonesia? kenapa digabungkan? yaaa..karena di matauanglah gambar pahlawan nasional serta eksotisme kekayaan alam dan budaya Indonesia ada.

Jadi ceritanya kita sekarang akan mengajak anak bermain sekaligus belajar. Kemampuan apa yang akan diasah lewat permainan ini? : empati, komunikasi, kecermatan, literasi informasi, literasi keuangan, literasi teknologi dan nasionalisme.

Bagaimana caranya?

1. Ajak anak2 untuk menyiapkan uang kertas dengan beragam pecahan. Agar lebih menarik uang kertasnya diusahakan yang matauang baru dan masih bagus kondisinya. Kalau uangnya sudah lusuh sekali, gambarnya menjadi tidak jelas. Anak diharapkan telah bisa membaca, kisaran mulai usia SD kelas 1. Jangan hanya 1 anak ya, butuh beberapa anak agar lebih menyenangkan

2. Orang tua menyiapkan gadget/smartphone untuk akses informasi nanti.

3. Nah…sekarang saatnya memulai permainan. Uang dalam beragam pecahan ditata berjajar di depan anak2. Mereka diminta untuk memilih uang, bisa dengan hompimpah. Anak a misalnya mendapat pecahan 50rb dan 1000, Anak b mendapat pecahan 5000 dan 10rb, sedang anak c mendapat pecahan 20rb dan 100rb.

4. Orang tua memberikan instruksi seperti ini:

Ayo anak2 sekarang dicermati uang yang ada di tangan kalian. Apa saja yang perlu dicermati? uang pecahan berapa, gambar dan nama pahlawan nasional, serta gambar kekayaan Indonesia (kekayaan alam dan budaya)

Jika sudah mencermati, anak2 perlu menceritakan tentang pahlawan nasional serta kekayaan Indonesia yang ada di uang tersebut pada semua yang ada disini. Misalnya: Darimana asal pahlawan nasional, kapan dan dimana beliau lahir dan wafat, apa saja jasa2 beliau, tarian daerah mana, bagaimana gerak tarinya, bagaimana kostumnya, dsb.

Jangan khawatir, informasi tadi bisa anak2 dapatkan melalui internet. Nah, inilah salah satu manfaat memiliki smartphone. Selain untuk sarana komunikasi, smartphone juga bisa untuk mencari informasi. Tentu saja informasi yang berguna ya. Seperti yang akan kita cari setelah ini. Nanti mama/ayah bantu kok.

Setelah mendapatkan infonya, maka tiba saatnya anak2 memberitahukan hasilnya dengan cara yang komunikatif dan atraktif pada anak2 yang lain, termasuk pada mama dan ayah. Yang lain harus memperhatikan ya. Nanti ada tanya jawab sederhana dan hadiah lucuuu untuk kalian semua.

Oke anak2…siap?

Jangan lupa, orang tua perlu memberikan penguatan/tambahan penjelasan selama proses tersebut. Di akhir proses, tanamkan pada anak untuk menjaga Indonesia dengan melakukan hal2 yang bermanfaat sejak masih usia dini.

Jadi ilustrasi permainannya seperti itu ya. Bisa saja dimodifikasi. Anak2 sangat antusias lho. Dan tidak hanya anak2 sebenarnya yang mendapat ilmu baru, orang tua juga akan belajar banyak hal dari proses ini. Nilai2 karakter apa yang diasah:

1. empati: belajar toleran dengan pendapat orang lain, menghargai orang lain

2. komunikasi: berani mengemukakan pendapat di depan umum, belajar santun dalam tutur kata

3. kecermatan: cermat dan kritis melihat sesuatu, belajar meningkatkan curiosity/keingintahuan akan sesuatu

4. literasi informasi: belajar memilih informasi dari internet

5. literasi keuangan: belajar tentang matauang, pecahan dan fungsinya

6. literasi teknologi: belajar menggunakan gadget dengan smart untuk sesuatu yang bermanfaat

7. nasionalisme: belajar menghargai dan meneladani para pahlawan, belajar tentang kekayaan alam dan budaya Indonesia, belajar tentang berbagai wilayah di Indonesia berikut pluralitas budayanya, belajar menjaga Indonesia dengan melakukan hal2 yg bermanfaat sedari kecil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s