Siap Berangkat Studi di Luar Negeri

Sudah siap untuk berangkat ke kampus tujuan di luar negeri? Tentu asumsinya kita telah diterima di universitas impian, dan mendapatkan sponsor untuk pembiayaan studi. Nah sekarang saatnya menyiapkan hal-hal berikut.

  1. Student visa: pastikan apakah biaya pengurusan student visa telah dicover oleh sponsor atau tidak. Proses pengurusan visa dapat dilakukan sendiri secara mandiri atau dapat menggunakan bantuan lembaga konsultan pendidikan. Lalu apa bedanya? Dengan bantuan agen atau lembaga konsultan, kita tinggal menyerahkan dokumen persyaratan visa ke agen dan urusan berikutnya akan ditangani oleh agen. Mudah bukan? Tapi bagi yang tinggal di Jakarta, relatif mudah untuk mengurus visa secara mandiri karena faktor kedekatan dengan lokasi kantor2 perwakilan yang ditunjuk pemerintah luar negeri untuk menangani visa. Sementara bagi yang tinggal di luar Jakarta atau bahkan luar pulau, disarankan menggunakan agen. Oya, Student visa sudah di tangan tidak berarti perjuangan selesai lho. Tanggungjawab berikutnya di depan mata. Agar student visa tetap berlaku, ada syaratnya. Berikut syarat umum berlakuya student visa (dibahas detil pada artikel lain): (a) satisfactory academic progress, (b) full time enrollment, (c) work hours allowed, (d) update new address or contact details; (e) maintain insurance for duration of visa.
  2. Akomodasi: akomodasi adalah urusan penting berikutnya. Pastikan kita telah mendapatkan tempat tinggal begitu tiba di negara tujuan studi. Bagaimana caranya? cara paling mudah dan terpercaya adalah menghubungi teman yang telah studi di kampus tujuan. Dengan sifat gotong royong yang menjadi ciri masyarakat Indonesia, teman akan dengan senang hati mencarikan tempat tinggal untuk kita. Ada kalanya kita kurang yakin dengan pilihan teman dan ingin inspeksi langsung sebelum memutuskan untuk tinggal di rumah/apartemen tersebut, maka solusinya kita ijin tinggal dulu di rumah teman sekitar seminggu hingga mendapatkan tempat tinggal permanen. Bergabung di grup2 pelajar luar negeri adalah solusi berikutnya. Di grup tersebut selain bertemu teman seperjuangan, banyak juga info seputar akomodasi dan pernak pernik studi. Apa lagi? di Website universitas bisanya ada info tentang housing services. Cermati dengan detil pilihan akomodasi di sekitar kampus yang dicantumkan di website itu. Biasanya kampus akan menawarkan student housing yang ada di dalam kampus sebagai opsi pertama. Kalau di Indonesia ini semacam asrama. Setelah itu ada juga link-link pilihan akomodasi yang di luar kampus. Tinggal pilih…
  3. Asuransi: salah satu syarat penerbitan visa adalah telah membayar asuransi selama studi di luar negeri. Asuransi untuk student biasanya telah dicover oleh sponsor, sedangkan untuk keluarga yang akan menyertai asuransinya harus ditanggung sendiri. Di australia, jenis asuransi untuk pelajar adalah OSHC. Perlu segera order kartu OSHC nya atau pasang aplikasi OSHC di HP kita agar jika perlu ke dokter, tinggal menunjukkan bukti bahwa kita telah dicover OSHC sehingga biaya konsultasi ke dokter gratiiisss.
  4. Money: uang memang bukan segalanya dalam hidup ini, tapi PENTING….hehe. Apalagi yang akan pergi jauh ke negeri seberang harus benar2 pintar mengatur masalah keuangan. Ketika berangkat, bawa uang secukupnya. Buka rekening bank baru di kampus tujuan. Bank apa? usahakan bank yang cabangnya ada di dalam kampus, atau setidaknya dekat dengan kampus. Pastikan juga bank tersebut bermitra dengan sponsor sehingga biaya hidup dari sponsor bisa masuk ke rekening bank dengan cepat. Bank seperti commonwealth bank bahkan memberi kesempatan pada student untuk buka rekening dari Indonesia. Mudah bukan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s