Hal yang perlu dihindari pada kehamilan muda

Halo, topik kita sekarang beralih ke dunia Ibu. Ibu hamil tepatnya. Kenapa sukaa sekali bahas tentang ibu hamil? karena ibu hamil itu unik, banyak hal bisa dipelajari dari ibu hamil. Perjuangannya, kegigihannya dalam mengawal calon penerus generasi bangsa mulai sejak di dalam perut, menarik untuk dicermati.

Kehamilan muda apa ya? disini maksudnya kehamilan di trimester pertama. Jika dibagi dalam periode waktu, total kehamilan normal yang kurang lebih 9 bulan 10 hari bisa dibelah jadi 3 periode: trimester pertama (1-3 bulan), trimester kedua (4-6 bulan), dan trimester ketiga (7-9 bulan).

Nah khusus untuk trimester pertama, ibu hamil musti hati-hati, utamanya yang mengalami lemah kandungan, dengan riwayat keguguran sebelumnya. Ada beberapa pantangan untuk ibu hamil muda pada kategori ini.

  1. Makanan : hindari makanan yang mengandung alkohol, seperti: tape, nanas, nangka, anggur, durian.
  2. Minuman : hindari minuman beralkohol dan yang mengandung bahan kimia lainnya. Jika kita orang Islam, tentu minuman beralkohol otomatis terlarang dalam kondisi hamil maupun tidak.
  3. Obat-obatan/jamu-jamu : hindari obat atau jamu tanpa petunjuk dokter. Selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu jika memang perlu minum obat tertentu
  4. Aktifitas fisik : hindari mengangkat beban yang berat, mindah lemari, geser dipan, angkat barbel (niat amat ya 😁). Hindari perjalanan atau bepergian yang jauh dengan getaran kendaraan yang keras. Apalagi kalau kena macet berjam-jam dan mobil mogok sehingga musti dorong mobil (duh, jangan sampai kejadian ke ibu hamil ya). Khusus untuk bepergian dengan pesawat, ada aturan khusus dari maskapai penerbangan tentang usia kehamilan yang diijinkan naik pesawat. Dibahas di artikel lain ya.
  5. Merokok : hindari merokok dan jauhi lingkungan dengan asap rokok. Biasanya ibu – ibu memang tidak merokok, tapi bapaknya yang merokok. Jika langsung bisa stop rokok begitu tahu istrinya hamil sih syukur alhamdulillah sekali. Namun jika tidak, minimal jangan sampai merokok di dekat istri hamil.

Bagaimana jika kita adalah ibu hamil yang tidak mengalami lemah kandungan? apakah pantangan di atas masih berlaku? menurut saya, meski kandungan tidak ada riwayat kelainan, namun tetap perlu hati-hati. Morning sickness: mual, muntah, pusing biasanya terjadi di trimester pertama. Jangankan makan tape or nanas, mencium aroma nasi saja sudah muntah. Intinya jangan berlebihan, apapun yang dikonsumsi mestinya yang halal dan bergizi agar ibu dan adik bayi sehat. Apapun yang dilakukan perlu senantiasa dipikirkan apakah beresiko bagi janin atau tidak. Stay calm and cool ya mom…semoga sehat selalu dan ceria memasuki trimester kedua (source: leaflet RS Puri Bunda Malang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s